Thursday, November 3, 2016

Keselamatan dan Marabahaya

Fushan Yuan berkata :
Tidak ada yang lebih penting di dalam memimpin dan mengajar, daripada dengan cermat menjelaskan apa yang harus diambil dana apa yang harus dikesampingkan. Melakukan dan meninggalkan, ditentukan di sebelah dalam, awal dari keselematan dan marabahaya ditentukan di sebelah luar.
Keselamatan bukan berarti keselamatan sehari, marabahaya buka marabahaya sehari. Baik keselamatan dan marabahaya dating dari perkembangan setahap demi setahap.

Penting sekali untuk meneliti masalah kepemimpinan. Menjunjung kepemimpinan dengan kualitas-kualitas yang cerah, akan mengumpulkan kualitas-kualitas yang cerah pula. Menjunjung kepemimpinan dengan kehormatan dan keadilan, akan mengumpulkan kehormatan dan keadilan pula. Kepemimpinan yang menghisap, hanya akan mengumpulkan keresahan dan kebencian.
Tatkala keresahan dan kebencian merebak, luar maupun dalam menjauh dan saling bertentangan. Tatkala kehormatan dan keadilan ditegakkan, luar dan dalam berada dalam keharmonisan dan bahagia. Jika kualitas-kualitas dikumpulkan, luar dan dalam rela tunduk dan tersentuh.

Bila ada kualitas-kualitas pencerahan, kehormatan dan keadilan, luar dan dalam berbahagia. Jika penghisapan dan keresahan memuncak, luar dan dalam menderita. Dengan perasaan menderita dan bahagia inilah, petaka dan anugerah bereaksi. (Surat kepada Acarya Jingyin Tai).

No comments:

Post a Comment