Thursday, November 3, 2016

Tiga Pokok Kepemimpinan

Acarya Fushan Yuan berkata :
Ada tiga pokok dalam kepemimpinan: kemanusiaan, kejernihan dan keberanian.
Mempraktekkan nilai-nilai Jalan secara manusiawi menghidupkan pengaruh ajaran, mendamaikan mereka yang berada di dalam jabatan tinggi maupun rendah, dan menggembirakan mereka yang berlalu.

Orang yang mengikuti perilaku yang benar dan kewajiban yang adil dengan jernih, mengenali mana yang selamat dan mana yang berbahaya, melihat orang apakah mereka bijaksana atau dungu, dan mengetahui mana yang benar dan mana yang salah.
Orang yang berani, mengerjakan sesuatu hingga memberikan hasil, menyelesaikannya tanpa ragu. Mereka menyingkirkan apapun yang salah atau tidak benar.
Kemanusiaan tanpa kejernihan sepeti punya tanah tetapi tidak membajaknya. Kejernihan tanpa keberanian seperti menabur benih tetapi tidak menyiangi. Keberanian tanpa kemanusiaan seperti tahu memetic tetapi tidak tahu menanam.

Jika tiga-tiganya ini ada, masyarakat berkembang pesat. Jika satu kurang, masyarakat memburuk. Jika dua kurang, masyarakat dalam bahaya, dan jika tak satu pun dari tiga ini ada, jalan kepemimpinan runtuh. (Surat kepada Acarya Jingyin Tai).

No comments:

Post a Comment