Thursday, November 3, 2016

Ketidaksesuaian

Fushan Yuan berkata :
Bijaksana dan dungu, bajik dan korup – mereka seperti air dana pi tidak berada pada tempat yang sama, seperti panas dan dingin tidak bersama-sama. Ini adalah hakikatnya.
Yang bajik dan bijaksana murni dan bersih, jujur dan penuh pertimbangan. Mereka membuat keputusan berdasarkan nilai-nilai pencerahan, kemanusiaan dan keadilan. Tatkala berbicara dan melakukan sesuatu, mereka Cuma khawatir tidak dapat selaras dengan keadaan-keadaan orang lain, dan tidak menembus hakekat segala sesuatu.
Yang korup penuh tipu muslihat, bangga pada diri mereka sendiri, memamerkan kemampuan mereka, memanjakan diri dalam nafsu, mengejar keuntungan dan sama sekali lengah.

Sehingga apabila masyarakat spiritual memiliki orang-orang yang bijaksana dan bajik, nilai-nilai dari Jalan dipraktekkan, prinsip-prinsip yang menyeluruh dibangun, dan pada akhirnya ia menjadi singgasana ajaran sejati. Biarkan yang jahat bercampur di antara mereka sendiri, mengganggu kelompok itu  sendiri, dan di dalam maupun di luar tidak tenang- meskipun mereka tahu aturan-aturan komunitas Chan (Zen), apa manfaat ini semua bagi mereka?

Keunggulan dan kelemahan dari orang bijaksana dan orang dungu, orang bajik dan orang jahat, adalah seperti ini; mengapa kita tidak mampu memilih di antara mereka? (Surat untuk Acarya Huili Fang)

No comments:

Post a Comment